Semantik Web

Semantic Web tidak terpisah dengan Web tetapi perluasan dari yang ada saat ini, yang mana informasi diberikan dengan arti yang terdefinisi dengan baik, sehingga computer dan orang dapat bekerja sama dengan lebih baik (Berners-Lee et al, 2001). Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memberikan informasi pada Web dengan arti yang terdefinisi dengan baik. Beberapa bahasa markup dikembangkan untuk tujuan ini.
Bahasa dengan tingkat lebih tinggi dalam lapisan Semantic Web menggunakan sintak dan semantik dari level yang lebih rendah.

XML adalah sebuah bahasa yang membolehkan menulis dokumen Web dengan kosa kata yang didefinisikan oleh pemakai. XML khususnya sesuai untuk bertukar data melalui Web. XML Schema adalah bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan struktur dari bahasa XML.
RDF adalah model data sederhana, seperti model entity-relationship, untuk menulis kalimat sederhana tentang objek Web (sumberdaya / resources). Model data RDF sesungguhnya tidak benar-benar diatas XML, tetapi RDF mempunyai sintak berbasis XML. Oleh karena itu ditempatkan diatas lapisan XML.
RDF Schema menyediakan primitif-primitif pemodelan untuk mengorganisir objek-objek Web menjadi hirarki. Primitif-primitif kunci adalah kelas-kelas dan properti, subkelas dan relasi subproperti, dan pembatasan domain dan range. RDF Schema didasarkan pada RDF. RDF Schema dapat dipandang sebagai bahasa primitif untuk menulis ontologi. Tetapi dibutuhkan bahasa ontologi yang lebih berdaya guna yang memperluas RDF Schema dan membolehkan representasi yang lebih komplek diantara objek-objek Web.
Ontology-Bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan kosa kata dan menetapkan penggunaan kata-kata dan isitilah-isitilah dalam konteks kosa kata tertentu. OWL adalah bahasa ontologi yang didisain untuk Semantic Web.
Logic and Proof – Penalaran secara logika digunakan untuk memantapkan konsistensi dan kebenaran himpunan data dan untuk mendapatkan kesimpulan-kesimpulan yang tidak secara eksplisit dinyatakan tetapi dibutuhkan atau konsisten dengan himpunan data yang diketahui. Pembuktian memandu atau menjelaskan langkah-langkah penalaran secara logika.
Trust— Alat yang menyediakan otentifikasi identitas dan bukti dari data, layanan dan agent yang terpercaya. Karena ditempatkan pada puncak dari piramida, trust adalah konsep lapisan tinggi dan krusial : Web hanya akan mencapai potensi penuhnya ketika para pemakai mempunyai kepercayaan dalam operasinya (keamanan) dan dalam kualitas informasi yang disediakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s