COOPS : Ikut Seleksi (1)

Exam-ResultsSebelumnya kita sudah pernah membahas apa itu COOPS. Sekarang saya ingin berbagi sedikit cerita tentang proses seleksi COOPS yang saya ikuti. Awalnya saya mengenal program COOPS ini dari seorang senior di jurusan saya. Namanya Kak Syawal Ali Imran. Beliau angkatan 2005. Orang ini juga sebenarnya yang “menyesatkan” saya sehingga terpilih sebagai presidium sidang Musyawarah Mahasiswa Elektro XIV kalo ga salah 🙂 Intinya itu pemilihan untuk periode 2009/2010. Hehehehe. Kembali ke topik. Waktu itu beliau sedang mengurus berkas cutinya di kantor fakultas dan sempat minta tolong sesuatu ke saya. Saya tanya beberapa hal dan akhinya sampai ke pertanyaan kenapa mau cuti. Beliau pun menjawab mau ikut program COOPS dan menceritakan sedikit hal tentang program tersebut. Merasa tertarik dengan cerita kak Syawal, niat di hati untuk ikut program ini akhirnya mulai tumbuh.

Tapi seiring berjalannya waktu niat itu semakin hilang. Selain karena tidak pernah mendapat kabar lagi tentang program ini kesibukan di kampus pun membuat saya lupa dengan niat yang pernah ditanam di hati. Hingga awal semester 6 kuliah (awal tahun 2011) beberapa teman di program studi saya ikut serta dalam program ini. Saya pun kembali teringat dan berniat untuk ikut angkatan selanjutnya. Berbagai informasi kukumpulkan dari temanku yang ada di sana. Hingga akhirnya apa yang dinanti tiba juga. Penerimaan COOPS angkatan XVII akhirnya terbuka. Namun sempat kepikiran juga ikut COOPS atau ikut KKN. Setelah dipikirkan yaa mending ikut COOPS entarlah KKN nyusul kan masih ada tahun depan. Kalo COOPS belum tentu bisa ikut lagi. Jadi, berkas-berkas yang dibutuhkan kukumpul satu persatu. Mulai transkrip nilai, surat pernyataan bersedia di tempatkan di Soroako dan tidak menikah selama mengikuti program COOPS, serta biodata diri. Transkrip nilai dibutuhkan sebagai bukti telah melulusi minimal 100 SKS dan IPK minimal 3.0 sesuai dengan yang disyaratkan panitia. Terakhir bersedia mengambil cuti akademik selama 6 bulan (1 semester). Deadline pengumpulan berkas 23 Juni 2011 dan alhamdulillah semua bisa diselesaikan tepat pada waktunya. YESSSS!!!!! Sekarang persiapan mengikuti seleksi tahap pertama yaitu Bahasa Inggris -_-

Seleksi Tahap pertama diadakan tanggal 24 Juni 2011 bertempat di Jurusan Mesin Fakultas Teknik Unhas. Nama ruangannya saya lupa tapi kalo g salah ingat ruangannya itu pas di bawah Mushallah Adz Dzarrah yang ada di lantai 3. Bersama dengan temanku, Aulia Sabri kami datang ke lokasi seleksi. Sungguh sayang kami datang terlambat sekitar 5-10 menit. Namun kakak panitia yang notabene adalah senior-senior kami  tetap mengizinkan untuk ikut. Sudah ada peserta lain yang mulai mengerjakan soalnya. Kalo g salah ingat soalnya cuma 3 nomor saja. Pertama deskripsi diri, kedua kemampuan adapatasi, ketiga motivasi mengikuti program COOPS. Yaa karena ini tes bahasa inggris maka jawaban dituliskan dalam bahasa inggris. Daaannn mengarang bebas pun dimulai :D…  Di sini saya mau cerita tentang soal nomor 3 🙂 Bagi saya ini adalah soal yang cukup sensitif. Soalnya di sini ada unsur uangnya 😀 Akhirnya kutulis saja apa adanya. Saya ingin ikut program COOPS untuk belajar, membangun jaringan, dan mau dapat uang. hehehehe. Mau diapa, memang uang jadi salah satu motivasi untuk ikut program ini. Lumayanlah nambah tabungan dan persiapan Ujian Meja nantinya. Juga buat beli laptop buat gantiin laptop yang baru-baru digasak maling.. Makanya saya SEMANGAT SEKALI 😀 Bagi saya tidak usah malu untuk menyebutkan uang sebagai motivasi jika memang pekerjaan itu menghasilkan uang. Malah akan terlihat “munafik” dan tidak jujur ketika ada yang mengikuti program semacam ini dan tak menginginkan uang. Itu sih menurut nalar saya. Yaa saya pasrahkakn kepada Tuhan untuk hasilnya. Semoga keinginanku bertemu dengan Kehendak-Nya. Aamiin

Beberapa hari kemudian, 2 atau 3 hari lagi-lagi kalo g salah 🙂 soalnya sudah cukup lama nih peristiwa, pengumuman seleksi tahap pertama diumumkan. Alhamdulillah dari sekian banyak nama yang tercantum di sana ternyata ada satu nama yang sama dengan namaku 🙂 Ada juga nama Aulia Sabri di sana. Teman yang sama-sama ikut seleksi kemarin. Akhirnya tahap pertama berjalan mulus. 🙂 Alhamdulillahi rabbi ‘alamiin. Selanjutnya Seleksi Tahap 2 “Kemampuan Akademik”.

Sepertinya sudah cukup panjang nih.. Jadi Tahap 2 akan diceritakan di tulisan selanjutnya. Semoga ada manfaat. Intinya jangan malu mencari uang 😀 hehehehe….. :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s