COOPS : The New COOPSer

BadgePanggilan yang dinanti akhirnya datang juga. Deringan telepon tanggal 20 Juli 2011 memberikan kabar gembira. Selamat datang di PT INCO Tbk dengan status mahasiswa COOPS. Alhamdulillah sungguh senang rasanya. Akhirnya ada juga sesuatu yang bisa kubanggakan selama kuliah di Teknik Unhas selain sebagai antek alias Anak Teknik :D.  Saya dan 7 orang teman lainnya lulus sebagai COOPS dan akan ditempaatkan di Proyek ONE VALE PTI. Sebuah mega proyek  untuk mengubah sistem bisnis PT INCO Tbk menjadi SAP. Proyek yang sudah berlangsung cukup lama dan telah memasuki tahap akhir. COOPS angkatan 16 juga terlibat dalam proyek ini dan angkatan 17 yang akan melanjutkan tugas mereka. Begitulah penjelasan yang kami dapatkan baik dari pihak HRD ataupun dari temn-teman di angkatan 16. COOPS angkatan 17 ini terdiri dari 2 kelompok, kelompok proyek dan kelompok reguler yang belum keluar pengumumannya.

Berdasarkan info yang diberikan, kami harus berada di Soroako hari Senin 8 Agustus 2011. Kami berdelapan Mutiah dan Sartika (Sipil), Roma, Eki , dan Sakka (Mesin), Saya, Aulia, Udin (Elektro) pun sepakat berangkat bersama-sama. Setelah saling koordinasi terpiilih Sakka secara alami menjadi koordinator kami. Mungkin gara-gara dia yang ngurus pembelian tiket Bus yang akan kami gunakan :D. Tapi jujur teman yang satu ini sungguh inisiatif dan berjiwa pemimpin 🙂 Beberapa perencanaan berada di bawah komandonya. Akhirnya kami dapat tiket hari Ahad 7 Agustus 2011. Sekedar info bulan Agustus 2011 itu bertepatan dengan bulan Ramadhan.. Ramadhan Mubarak \\(^_^)//

Hari Ahad tanggal 7 Agustus 2011 pukul 3 sore kami berkumpul di Terminal Regional Daya menunggu bus menuju Soroako. Satu persatu kami berdatangan. Ada rasa yang berbeda, penantian di terminal kali begitu excited rasanya :D. Jam 4 sore bus berangkat meninggalkan terminal menuju Soroako. Ifthar dan sahur dalam satu perjalanan merupakan suatu pengalaman baru. Menginjakkan kaki di daerah Luwu Timur juga pengalaman yang baru. Naik Bus besar juga pengalaman baru bagiku 😀 Banyak pengalaman baru kali ini.

Kami tiba di terminal Soroako yang lebih dikenal dengan sebutan transport sekitar pukul 4 pagi. Kami dijemput oleh Pak Dimas dan bersama beberapa teman kami dari COOPS 16. Barang-barang dimasukkan ke dalam mobil dan kami meluncur ke Onteluwu untuk sahur lagi 😀 padahal tadi di jalan sudah singgah sahur.. Tapi mau bagaimana lagi makanannya sudah dibayar. Yaaa selamat makan :). Selesai makan yaa minum toh. Kami kemudian menuju Sulawesi 2 dan Sulawesi 4. Di sinilah kami akan tinggal selama mengikuti program COOPS. Yang perempuan di Sulawesi 4 dan kami, laki-laki 6 orang tinggal di Sulawesi 2. Dua rumah ini adalah perumahan karyawan yang terletak di daerah yang disebut Pontada. Jadi ada 3 daerah perumahan, Old Camp, Pontada, dan Salonsa. Salonsa ini berbeda dengan Old Camp atau Pontada. Soalnya Salonsa ini merupakan perumahan elit yang biasanya ditujukan buat petinggi-petinggi perusahaan. Manajer dan seterusnya ke atas.

Senin pagi adalah waktu istirahat buat kami. Merapikan pakaian dan berbagi kamar. Saya dapat bagian satu kamar dengan Sakka, Aulia dengan Udin , Roma dengan Eki. Kegiatan resmi akan dimulai sore ini di gedung HRD. Rencananya akan ikut General Induction Program (GIP). Jadi mumpung masih kosong, pagi hari kami gunakan berkeliling di sekitar kompleks perumahan untuk mengenali lingkungan baru kami. Di belakang rumah ada dua pohon jeruk Pangkep dan lagi berbuah banyak. Mantap gan bisa makan jeruk setiap pekan bahkan setiap hari kalo begini :D. Tak jauh dari rumah ada lapangan basket dan bulutangkis, ada juga danau yang bernama Danau Matano tapi masyarakat Soroako menyebutnya Pantai Ide. Danau ini termasuk salah satu danau terdalam di Indonesia. Ada juga taman bermain untuk anak-anak tapi remaja juga bolehlah :D. Nah lumayanlah ada beberapa tempat yang bisa dijadikan sarana refreshing di hari libur.

Jeruk Pangkep
Jeruk Pangkep

Sore hari jam 4 kami menuju gedung HRD. Seperti yang saya katakan tadi kami akan mengikuti program GIP. Program ini berisi penjelasan tentang pedoman keselamatan dasar yang harus dipatuhi selama bekerja di lingkungan PT INCO Tbk. Aturan dasar keselamatan bekerja di air, ketinggian, berkendara, dan pengenalan tanda-tanda keselamatan di setiap area kerja. Sebenarnya ada beberapa hal lagi yang dijelaskan dalam program ini. Setelah mengikuti program ini maka peserta berhak mendapatkan Badge yang berisi Badge Number, foto, dan nama institusi tempat bekerja. Misalnya saya mendapat Badge Number 221/COOPS/2011 Institusinya Universitas Hasanuddin. Orang yang tidak memiliki Badge tidak boleh melewati portal kecuali tamu yang memiliki kepentingan. Selain GIP, ada beberapa Induction Program yang lebih spesifik misalnya SSIP untuk area Process Plant atau MSIP untuk daerah Mining.

Danau Matano
Danau Matano

Berakhirnya GIP yang diikuti penandatangan kontrak menjadi tanda resminya kami bergabung dalam PT INCO Tbk alias resminya kami sebagai “Anak” COOPS atau COOPSer. Jam menunjukkan 6.15 sore. Sebentar lagi buka puasa. Sesampai di Sulawesi Adzan maghrib telah berkumandang. Buka puasa pertama di Soroako dengan air keran 😀 soalnya di rumah tidak ada air atau makanan sedikitpun. Sehabis shalat tarawih ada ramah tamah antara alumni2 COOPS, COOPS 16, dan COOPS 17. Ini adalah agenda rutin yang dilakukan setiap kali ada anggota baru. Malam itu hadir Ka Rusmin alias kak Cumming yang kini menjadi Ketua Ikatan Alumni COOPS INCO. Malam yang berbahagia bersama keluarga baru. Welcome New COOPSer Good Luck!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s