COOPS : Go to Site

1-DSC_3230
User Access Tim

Proses GIP telah selesai. Badge dan kartu GIP telah di tangan. Akhirnya bisa akses untuk masuk ke lokasi kerja telah diberikan. Hari Selasa, 9 Agustus 2011 kami para anak COOPS menuju lokasi kerja yang ada di daerah yang bernama Gunung Batu. Katanya, disebut demikian karena daerah tersebut adalah daerah gunung berbatu. Jam 8 pagi kami bersiap-siap menuju ke sana. Mobil khusus proyek One Vale PTI sudah parkir di depan siap mengantarkan kami. Jadi, proyek ini memiliki transportasi khusus. Ada beberapa mobil yang disewa untuk keperluan orang-orang yang terlibat dalam proyek tersebut. Jadi cukup telepon supirnya maka kita aka dijemput antar sesuai dengan keinginan kita. Mantap kan 😀

Hari itu kami dijemput Pak Ahmad. Tak lupa kami meminta nomor teleponnya agar jika kami butuh bisa langusung menghubunginya. Aturan dasar dalam berkendara di PT INCO harus mengenakan seat belt atau sabuk pengaman. Jumlah penumpang tidak boleh melebihi batas normal daya tampung kendaraan. Misalnya mobil Avanza maka daya tampungnya yaitu 2 di belakang, 3 di tengah, 2 di depan termasuk supir. Jika melanggar maka akan mendapat teguran (step) dari pihak Environment Health and Safety (EHS) Department. Wal hasil satu mobil tak cukup untuk kami gunakan menuju tempat kerja. Kami pun menunggu satu mobil lagi agar bisa berangkat bersam-sama.

Mobil pun melaju menuju Gunung Batu. Sesampai di portal kami harus turun agar petugas keamanan dapat melakukan pemeriksaan. Setelah itu kami kembali naik untuk meneruskan perjalanan ke kantor. Kurang lebih 100 meter dari portal. Sesampai di sana kami harus menunggu beberapa lama karena Pak Yudhi Yudewo dan Bayu Aji sebagai user kami belum datang. Sekitar pukul 10 siang kami bertemu dengannya. Beliau menjelaskan sekilas tentang proyek One Vale PTI dan kondisi updatenya. Namun sayang, kembali kami harus menunggu untuk pembagian tugas karena Pak Yudhi harus koordinasi dengan Pak Edin untuk pembagian tersebut. Intinya kami termasuk ke dalam tim Task Force yang akan dibagi dua, user access dan  saya lupa namanya :D. Kami pun dipersilahkan menunggu di suatu ruangan yang berada di pojok. Ruangan itu kosong dan tidak digunakan untuk beraktifitas. Mungkin untuk rapat tim saja.

Beberapa jam kemudian datang seseorang yang tidak kami kenal. Dia mencari dua orang anak IT yang ikut program COOPS. Dia pun mengajak saya dan Aulia ke sebuah ruangan lain untuk membicarakan suatu hal. Ternyata salah satu di antara kami akan ditempatkan pada proyek lain. Perkenalkan sebelumnya bapak yang saya maksud yaitu Bapak I Putu Adi Artana. Beliau pada waktu itu menjabat sebagai IT Business Partner di Departemen IT PT INCO Tbk. Namun beliau juga terlibat dalam proyek One Vale PTI. Yaaa.. Salah satu dari kami akan ditempatkan di Departemen IT pada proyek PTI Business Network Refreshment. Kami berdua pun harus menjalani wawancara tambahan oleh Pak Putu ini dan proyek managernya dalam hal ini Pak Swandi. Hufftt. Akhirnya beliau meminta kami mengirim CV dan Transkrip nilai kami ke emailnya untuk memastikan siapa yang akan ikut serta dalam proyek tersebut sekaligus melepaskan proyek One Vale PTI.

Kami pun kembali ke ruangan. Kembali menunggu sampai mengantuk. Bahkan ada yang sudah tertidur. Maklum lagi puasa :D. Akhirnya Pak Yudhi is back. 🙂 Kali ini beliau bersama Pak Edin. Kami pun mendapat pembagian tugas. Aulia, Udin, Saya ditempatkan di User Access sedangkan Sakka, Roma, Eki, Tika, dan Mutiah di tempatkan di bagian yang lain. Tim user access mengikuti Pak Edin yang lainnya mengikuti Pak Yudhi. Kali ini kami mendapatkan penjelasan yang lebih detail terkait deskripsi kerja tim user access. Jadi tim ini bertanggung jawab mengatur hak akses dari semua user yang ada di PT INCO Tbk terhadap program SAP yang baru diterapkan. Tim ini dibutuhkan karena sistem belum bekerja sepenuhnya, sehingga terkadang ada user yang bermasalah dengan aksesnya. Ada yang harus ditambahakan atau dikurangi hak aksesnya. Inilah salah satu tugas dari tim ini.

Setelah itu kami melihat-lihat kerja tim yang ada saat ini dan akan memulai kerja keesokan harinya. Setelah jam kerja selesai kami pulang. Saya dan Aulia tak lupa mengirim email ke Pak Putu dan Pak Swandi. Keputusan final akan ditentukan esok hari. Kamipun kembali bertemu Pak Putu keesokan harinya. Keputusannya Aulia tetap berada di tim user access. Saya yang harus pindah ke Departemen IT. Ini bukan tentang siapa yang lebih baik. Tapi ini semata karena pilihan saja. Hari itu saya tetap ikut tim di Gunung Batu karena pertemuan pertama dengan bos baru akan dimulai besok :D. Saya diminta ke Departemen IT yang ada di daerah Plant Site dan bertemu dengan Pak Swandi. Satu kata yang kuingat dari pesan Pak Putu “Kalo bisa pake Jeans ya”. hehehe soalnya waktu itu saya menggunakan celana kain :D. Maka itulah hari terakhir saya bekerja sebagai bagian dari tim user access dan harus pisah kantor dengan teman-temannya saya yang lain. Mutiah pun dipindahkan ke user access untuk menggantikan saya.

Hari Kamis, saya dan teman-teman yang lain berangkat dengan mobil yang sama. Namun kali ini saya tidak turun di Gunung Batu tapi harus melanjutkan perjalanan ke daerah Plant Site. Saya diantar sampai parkiran kemudian mencari gedung Departemen IT. Kata Pak Putu gedung yang ada parabolanya dekat Gedung Putih. Ya Gedung Putih karena berwarna putih dan tempat berkantornya para direksi. Saya pun bertemu Pak Swandi berkenalan dengannya dan diajak berkeliling gedung IT sambil diperkenalkan dengan orang-orang yang ada di sana. Mulai dari IT Helpdesk, IT Business Partner, IT Infrastruktur, Radio dan Telecom, terakhir di IT Operation yang akhirnya menjadi teman-teman seruanganku nantinya. Di sana ada Pak Adventa (Venta), Pak Surahman Lahay (Lahay), Pak Martin Fishada (Martin), dan Pak Hadi Irwan (Bang Hadi). Mereka semua adalah orang-oranag yang setiap harinya bertanggung jawab atas jaringan komputer yang ada di PT INCO Tbk.

Hari-hari selanjutnya pun menjadi berbeda. Kini saya harus berangkat lebih pagi dibanding teman-teman yang lain. Tak ada lagi transport on call karena ke Plant Site bisa naik bus khusus karyawan PT INCO Tbk. Pukul 7.30 pagi harus stand by di halte bus agar tidak ketinggalan. Begitu juga ketika pulang. Pukul 4.30 sore sudah harus ada di area parkir Bus. Setiap sore akan ada 4 Bus yang berjejer. Awalnya saya tidak mengerti bagaimana memilih Bus. Dipikiranku semua Bus arahnya sama. Ternyata tidak. Bus arah Pontada hanya 1 dan dia ada di barisan ke 3. Hampir saja tersesat untung saja saya bertanya :D. Akhirnya begitulah perjalanan ke kantor, COOPS Go to Site by Bus Go Home by Bus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s