COOPS : Suasana Kerja

Suasana KerjaKini saya berkantor di Departemen IT yang ada di area Plant Site. Setiap hari kerja berangkat pagi-pagi dengan bus dan pulang sore hari dengan bus. COOPS rasa karyawan :D. Setiap saya pulang maka tidak ada satupun orang yang saya temui di rumah (Sulawesi 2). Soalnya teman-teman yang lain biasanya pulang setelah maghrib. Suasana kantorpun cukup berbeda. Tak ada teman sebaya. Malah yang ada biasa dipanggil om sama teman-teman kantor. Sepertinya itu sapaan umum di sana. “Om bisa buatkan ini?”, “Om berkasnya sudah diapprove belum?” Om om dan om.. SAYA MASIH MUDA!!!! 😦 Yaa kita beradaptasi saja. Maklum kita kan pendatang jadi harus belajar adaptasi.

Selain orang-orang yang saya sebutkan di postingan sebelumnya di IT Operation ternyata ada dua Kontraktor On Call yang ada di sana. Ada CV Sunet dan CV BNP. CV Sunet ini dipimpin pak Anton (Bukan Pak Anton HROD) dan menangani Fiber Optic sedangkan CV BNP dipimpin Pak Akram dan menganani Jaringan LAN area bisnis PT INCO Tbk. Saya kebanyakan kenal dengan orang-orang dari BNP. Ada dua orang yang paling saya ingat dari keduanya. Mas’ud (si alim) dan Daya (Si sanguin) :). Mereka cukup banyak membantu saya selama berada di sana.

Posisi saya dalam proyek ini yaitu project engineer. Langsung berada di bawah Pak Swandi sebagai Project Manager. Pak Putu sebagai Business Partner. Ada juga drawing engineer, Pak Haji Karman. Beliau adalah seorang senior yang sangat mengerti dengan desain denah gedung-gedung yang ada di area Plant Site. Terakhir ada Sandrichard (Sandri) sebagai project engineer juga. Sandri ini sebenarnya masuk belakangan karena waktu saya masuk Pak Swandi masih mencari project engineer yang tepat. Sampai kemudian Sandri datang dan saya menyiapkan proses wawancaranya. Kebetulan waktu itu Pak Swandi lagi Out Site makanya wawancaranya via telepon saja.

Tugas pertama yang diberikan ke saya adalah mengurus dokumen CAR proyek PTI-Network Busineess Refreshment. Dokumen CAR ini kurang lebih berisi tentang keselamatan kerja selama proyek ini berlangsung. Mulai dari prosedur standar keselamatan, analis resiko dan pencegahannya. Proyek ini harus mendapatkan persetujuan dari pihak EHS baru bisa dijalankan. Persetujuan dalam arti bahwa analisis resiko dan keselamatan orang-orang yang terlibat serta keselamatan lingkungan terjamin. Dengan demikian diharapkan kecelakaan bisa dihindari dan pencemaran lingkungan bisa dicegah.

Sebenarnya saya sempat stress mengurus dokumen ini. Selain belum mengerti ini dokumen apa, saya juga tidak mengetahui prosedur yang ada. Sempat kena marah juga sama orang EHS karena dokumennya banyak kurangnya. Sudah berapa kali saya mengirim email ke pihak EHS namun tak kelar-kelar juga. Sampai-sampai saya dipanggil menghadap ke Pak Henry Ekazandri salah satu petinggi EHS dan ditentor tentang cara pembuatan dokumen CAR. Sekitar 2 pekan baru dokumen itu beres.

Tidak butuh waktu lama bagi saya untuk akrab dengan orang-orang di IT operation. Orangnya gokil-gokil dan suka becanda. Pokoknya asyik deh. Selalu diajak makan meskipun harus bayar sendiri-sendiri :D. Meskipun jauh dari fasilitas teman-teman yang ada di proyek One Vale PTI seperti makan siang dan malam yang dijamin, ada mobil yang siap antar jemput namun saya bersyukur berada di Departemen IT. Kalo g salah mahasiswa COOPS pertama yang ditempatkan di Departemn IT PT INCO Tbk. Meskipun hanya dapat fasilitas standar ya alhamdulillah semoga ilmunya bisa berkah. Aamiin. Beginilah suasan awal kerja saya di Departemen IT. Masih banyak kisah yang akan diceritakan selanjutnya.

Leave a Reply

