COOPS : Membuat BoM

bill_of_materialsApa kabar semuanya? Setelah beberapa hari g update ni blog akhirnya hari ini ada kesempatan juga buat menulis kelanjutan kisah COOPS di PT INCO Tbk. Kali ini saya akan bercerita salah satu job yang diberikan selama berada di Departemen IT. Ya membuat BoM. Hehehehe. Apa hubungannya IT dengan BoM? :p Jadi ceritanya begini, PLTA Ballambano yang merupakan salah satu PLTA milik PT INCO Tbk akan melakukan refreshing jaringan. Beberapa kantor yang ada di sana akan dihubungkan dengan fiber optic. Memang pengelolaan dan maintenace serta monitoring PLTA tersebut dilakukan lewat komputer. Jadi katanya untuk mematikan suatu pembangkit cukup dengan mengklik pada layar monitor. Saya juga kurang mengert maksudnya karena tidak pernah melihat langsung. Namun katanya sih begitu.

Jadi pagi itu Pak Venta memanggilku dari mejanya “Bro, ada kerjamu?”
“Tidak ada ji, kenapa?”Jawabku.
“Begini bro, biar kamu juga belajar bantu saya buat BoM buat Ballambano”katanya lagi

Dia pun menuju papan tulis yang ada di ruangan tersebut dan menggambarkan topologi gedung-gedung yang ada di sana. Juga penjelasan tentang rencana topologi jaringan yang akan diterapkan di sana. Dia pun menjelaskan tentang alat apa saja yang dibutuhkan. Misalnya untuk terminasi fiber optic dibutuhkan pigtail, casette, rack OTB tipe mounting dan benda semacam pipet untuk melindungi sambungan fiber optic dengan pigtail.

“Sudah mengerti bro? Coba kau bikin dulu BoM-nya. Nanti saya kirimkan formatnya”katanya
“Saya coba dulu”kataku

Formatnya pun sudah masuk tapi saya bingung dengan formatnya. Disitu ada kolom part number. Ternyata kolom ini harus diisi dengan part number barang yang akan digunakan. Hal ini untuk membedakan suatu barang dengan merk tertentu dengan barang yang sama namun merk berbeda. Selain itu, part number ini akan memudahkan bagian procurement dalam memproses pembelian barang dan memudahkan kita dalam mengecek status barang yang telah di pesan. Jadi BoM ini singkatan dari Bill of Material. Ringkasnya inti dari BoM ini adalah rekening yang harus dibayar terhadap material yang digunakan untuk suatu pekerjaan. Selain itu terkadang ada juga tambahan Bill of Service atau rekening untuk jasa yang digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Misalnya terminasi fiber optic sekian per core dst. dan tugas saya membuat BoM untuk pekerjaan di atas. Jadi g perlu khawatir kalo BoM ini akan meledak.😀

Saya pun mulai menghitung-hitung. Setelah Pak Venta mengirim daftar barang yang ada hal tersebut semakin mudah. Daftar part number, harga, gambar dan deskripsi barangnya lengkap di file tersebut. Selesai saya kerjakan saya kirim filenya ke Pak Venta dan dia pun meriview hasil kerjaku. Daann hasilnya ada beberapa kesalahan terutama dalam jumlah barang dan ada beberapa barang yang tidak saya tuliskan. Saya pun kembali merivisnya sehingga ACC juga. Senang rasanya bisa menyelesaikan suatu pekerjaan. Tugas ini pun nantinya berguna ketika saya melanjutkan proyek Refreshment Business Network.

Berkat tugas itu akhirnya dapat kesempatan buat jalan-jalan ke beberapa area baru. Kali ini ke sebuah gunung tempat subuah tower. Saya kurang tahu tower ini menghubungkan apa. Tapi kalo tak salah tower ini digunakan oleh Departemen Mining untuk operasionalnya. Jadi di tempat ini akan dipasang fiber optic sebagai pengganti wireless yang selama ini digunakan. Biar data yang dikirim lebih reliabel. Kembali saya membuat BoM-nya dan kali ini sekali buat langsung beres🙂 *proud :p ;

Dari pengalaman ini saya banyak belajar tentang berbagai jenis alat yang digunakan di dunia jaringan. Jenis kabel, modul Cisco, dan peralatan lain yang memiliki relevan. Membuat BoM bukanlah sekedar menuliskan nama dan angka. Namun, sebelum itu ada seni mendesain suatu jaringan yang efisien namun reliabel. Intinya Efisiensi dan Kualitas… Ada yang mau saya buatkan BoM?😀

Leave a Reply

