COOPS : Site Survey

site survey

Apa kabar semuanya? Kali ini saya ingin melanjutkan kisah tentang aktivitas saya selama COOPS di PT INCO Tbk. Setelah belajar membuat BoM kini saya akan berbagi cerita tentang kunjungan ke beberapa area yang akan menjadi objek proyek yang saya ikuti ini. Jadi ceritanya agar perencanaan yang kita buat tidak jauh meleset maka terlebih dahulu kami akan mengunjungi area-area yang ada dan melihat kondisi existing yang ada saat ini.

Beberapa hal yang akan kami lakukan yaitu refreshment kabel LAN ke jenis category 5e, pergantian switch rak dan perbaikan ruangan switch untuk area tertentu dan pemasangan kabel tray agar kabelnya rapi. Setelah mendapatkan layout gedung dari Pak Karman sang Designer Engineer, saya dan Sandri berangkat ke area-area yang menjadi prioritas. Jika area itu berada di luar area plant site atau butuh mobil ke sana maka kami harus ditemani Pak Swandi. Soalnya di antara kami hanya Pak Swandi yang punya surat izin mengemudi dari PT INCO Tbk.

Sebuah pengalaman yang menarik. Berkeliling di area PT INCO Tbk. Bertemu banyak orang. Setiap ruangan yang kami masuki maka tugasnya membuat marking pada layout tentang posisi duduk setiap karyawan. Jadi nanti kami bisa membuat rencana jalur kabel dari switch room ke client. Jalur ini penting untuk masalah jarak ataupun keamanan dalam pengerjaan nantinya. Tidak mungkin kami membiarkan mereka bekerja di area yang berbahaya. Selain itu kami butuh lokasi yang cocok untuk memasang kabel tray sehingga kokoh dan tidak rawan jatuh. Bahkan untuk beberapa area kami harus mendesain ruangan untuk menempatkan switch rack pada tempat yang sesuai.

Tempat yang paling seru adalah area Engineering. Kalo di engineering itu kan kita mau ganti fiber optic dari dual mode ke single mode dan dibuatkan link back up. Sempat saya kena semprot sama petinggi di sana karena ngotot minta kondisi existing jalur fiber optic dari Data Center ke Depertemen Engineering. Saya kan tidak tahu kalo itu bos :D. Sempat juga keliling mencari jalur alternatif untuk link back up-nya sampai ke lereng-lereng. Satu yang saya senangi ketika melakukan Visit site atau survey, kamera. Saya dapat tugas mengambil gambar titik-titik tertentu untuk dijadikan bahan rapat untuk menentukan jalur terbaik untuk link back upnya. Kameranya lumayan keren menurutku, kamera semi SLR zoom nya lumayan jauh dan hasilnya pun lumayan bagus. Cocok buat nge-spy :D.

Sempat juga beberapa kali komunikasi dengan pihak Engineering karena kita mau ubah salah satu ruangannya jadi switch room. Di sini saya benar-beanr merasakan bagaimana bekerja di kantor. Dinamika yang terjadi, tarik menarik kepentingan, egoisme departemen :D. Namun selama semuanya dibingkai dalam rangka kemajuan perusahaan tidaklah mengapa.

Sebenarnya masih banyak kisah tentang kunjungan ke beberapa site. Namun yang paling berkesan adalah daerah ini. Intrik dan keseruannya berkomunikasi dengan pihak lain. Hehehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s