Ketika Belajar Tak Seindah Dulu Lagi

images

Belajar adalah proses seumur hidup. Sejak lahir hingga akhir hayat adalah proses belajar bagi manusia. Ketika kita baru dilahirkan kita belajar cara meminta makan ketika lapar. Kemudian kita belajar telungkup, belajar merangkak, belajar duduk, berdiri, berjalan, berlari dan seterusnya. Kita belajar satu dua kata baru. Kita belajar menghitung angka 1, 2, 3, 4 dst. Kita terus bertumbuh dan berkembang. Semua itu didapat dari proses belajar yang kita lakukan. Belajar yang kita maksud adalah belajar dalam skala besar. Tak hanya sekedar belajar di bangku pendidikan.

Namun seiring waktu berjalan terkadang kita merasa tak perlu lagi belajar lebih. Kita merasa cukup atau tak mampu lagi menggerakkan diri untuk belajar. Belajar menjadi sesuatu yang sangat berat. Membaca 1 jam sehari menjadi perkara yang sulit. Akhirnya wawasan kita tak  bertambah secara signifikan dan ilmu kita menjadi dangkal. Rasanya tak lagi menyenangkan seperti dulu. Perasaan bahagia ketika kita mengetahui sesuatu yang baru. Begitu bangga kita pulang dari sekolah, bertemu orang tua di rumah dan menceritakan hal-hal baru yang kita dapatkan hari ini. Begitu juga semangat belajar kita di masa kecil. Perasaan ingin tahu yang sangat besar selalu hadir dalam diri kita. Ketika menemukan sesuatu yang baru maka 1001 pertanyaan kadang terlontar demi memuaskan rasa ingin tahu kita. Mungkin karena takut dibilang KEPO ya jadi  rasa ingin tahu kita berkurang?? Kreatifitas juga mengalami hal yang sama. Dunia masa kecil kita adalah dunia di mana kreatifitas tanpa batas tercipta. Sapu yang biasa digunakan ibu untuk membersihkan rumah menjadi kendaraan massal bagi anak-anak. Sarung digantung sedemikian rupa menjadi atap rumah untuk “ayah dan ibu” kecil. dan masih banyak contoh yang lainnya. Begitu bahagianya kita belajar waktu kecil. Tak pernah takut melakukan kesalahan. Tak pernah memilih-milih pengetahuan. Yang ada rasa haus akan pengetahuan-pengetahuan baru.

Hari ini kita meski kembali menyadari, belajar atau menuntut ilmu adalah perkara seumur hidup. Kita harus memikirkan cara mengembalikan semangat dan motivasi belajar. Belajar itu meyenangkan dan belajar itu indah, itu yang perlu kembali ditanamkan. Caranya? Tentu diri kita masing-masing yang paling mengetahuinya. Mari merenung sejenak, dan temukan cara kita masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s