Sendiri

images

Hidup ini terlalu sia-sia untuk dijalani sendiri. Banyak kisah peristiwa yang bisa kita ciptakan dengan menjalaninya bersama dengan orang lain. Lebih banyak kebaikan dan hal bermanfaat yang kita hasilkan jika kita mampu bersinergi satu dengan yang lainnya. Apalah arti sebatang lidi?? Menggeser plastik bekas somai dengan bumbu kacang kecap dan saos saja dia tak berdaya. Apatah lagi membersihkan satu halaman yang luas dengan berbagai jenis sampah di dalamnya. Namun, ketika batang-batang lidi itu kita satukan dalam sebuah ikatan yang kokoh maka Insya Allah membersihkan sebuah halaman adalah sesuatu yang mudah untuk dikerjakan. Maka mengapa kita masih berpikir untuk hidup sendiri? Menarik diri dari berbagai pergaulan. Apakah karena kita takut dikhianati?? atau  takut tersakiti oleh orang lain? atau takut jika suatu saat kita harus berpisah? ataukah karena kita yang belum bisa percaya kepada orang lain? ataukah alasan-alasan lain yang hanya berputar-putar dalam pikiran kita??

Hidup bersama adalah fitrah manusia. Para ahli pun sepakat bahwa manusia adalah makhluk sosial. Yaa meskipun tak bisa dipungkiri kita sebagai manusia memiliki potensi individualisme. Namun sejatinya tak ada manusia yang mampu hidup seorang diri. Bahkan Tarzan sekalipun 🙂 Jika kita kembali ke awal penciptaan manusia maka kita pun akan menyadari kegundahan hati Adam AS karena kesendiriannya. Meski beliau berada di dalam surga yang telah tersedia berbagai kenikmatan. Namun semua kenikmatan itu tak mampu mengisi satu kekosongan di dalam dirinya. Sebuah ruangan untuk menerima kehadiran orang lain dalam kehidupannya.

Sekarang pilihannya ke mana kita akan berlabuh. Apakah kita akan bersatu dengan mereka yang mendatangkan kebaikan atau bersatu dengan yang berbuat kerusakan? Di mana pun kita berada maka dua kelompok ini akan selalu ada. Kata orang bijak teman bergaulmu menunjukkan dirimu. Teman kita akan sangat mempengaruhi hidup kita. Sedikit banyak tentu akan memberi pengaruh baik kita sadari atau tidak. Mungkin awalnya hanya hal-hal sepele seperti cara menjawab pertanyaan, cara menyapa, cara berpakaian hingga hal-hal besar seperti mindset dan karakter. Berteman dengan penjual parfum, jika tak mendapat hadiah sebotol parfum minimal kita bisa menghirup aroma wangi dari parfum tersebut. Namun berteman dengan pandai besi (maaf bukan bermaksud menghina para pandai besi, ini hanya perumpamaan ^_^ ) tidak hanya mendapat bau yang tidak sedap namun apinya bisa membakar baju bahkan badan kita. So????

Sendiri bukanlah pilihan. Mari tebarkan kebaikan dan kebahagian kepada yang lain.
Sendiri itu sepi bersama kita bisa lebih ceria
Sendiri itu lemah bersama kita kuat
Kejernihan dalam kesendirian tidak lebih baik dari kekeruhan dalam kebersamaan (Ali bin Abi Thalib ra)
Ummatku tidak akan bersepakat dalam kesesatan …. (Rasulullah Muhammad saw)

Advertisements

2 thoughts on “Sendiri

  1. ciee…yg sudah ter-update blognya… 🙂 Banyak betulan tulisan copas di blog ta hehe.. padahal bisa ji nulis pemikiran sendiri.. tapi isi blognya keren.. meneduhkan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s