Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H

gambar-lucu-lebaran-aidul-adha-1435

Tahun 2014 M atau 1435 H kali ini membawa suasana berbeda bagi pelakasanaan Hari Raya Idul Adha di beberapa negara khususnya Indonesia. Perbedaan persepsi tentang hari raya Idul Adha dan metode yang digunakan menyebabkan ada “dua” hari raya Idul Adha tahun ini. πŸ™‚ Tentu saja setiap orang memiliki alasannya masing-masing.

Bagi mereka yang melaksanakan hari raya Idul Adha tanggal 4 Oktober 2014 ada yang berdasarkan pada hasil hisab peredaran bulan seperti Ormas Muhammadiyah. Ada juga yang berdasarkan pada pelaksanaan wukuf di Arafah (9 Dzulhijjah) yang dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2014. Secara otomatis keesokan harinya adalah tanggal 10 Dzulhijjah atau hari raya Idul Adha. Kalangan ini berpendapat bahwa hari raya Idul Adha mengikuti rangkaian proses ibadah haji.

Berbeda dengan metode yang digunakan pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama (Kemenag) yaitu melalui ru’yatul hilal atau melihat bulan.Β  Berdasarkan ru’yatul hilal yang dilakukan pada 24 September 2014 Pemerintah Indonsia menentukan 1 Dzulhijjah 1435 H bertepatan dengan 26 September 2014 yang secara otomatis tanggal 10 Dzulhijjah 1435 H bertepatan dengan tanggal 5 Oktober 2014. Dengan berbagai pendapat masing-masing akhirnya tahun ini ada dua kali shalat Idul Adha di Indonesia. Hebat kan???Β  hhmmm Semoga kedepan tak terulang lagi..

Namun di luar itu semua, kerukunan hidup dan persatuan ummat harus tetap di jaga. Saling menghormati juga ajaran agama Islam. Kepada saudara-saudaraku di mana pun kalian berada, mau yang lebaran hari ini atau besok saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H. Semoga hari ini menjadi momentum untuk meningkatkan pengorbanan dan keikhlasan kita dalam berjuang menjalankan syariat Allah. Sebagaimana pengorbanan dan keikhlasan Nabiyullah Ibrahim as, Ismail As, dan Siti Hajar ra. Happy Eid Adha Mubarak. Taqabbalallaahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim.. Have a nice day my brother and sister in Islam… May Allah show Us the right path.. πŸ™‚

Eh yang terakhir,, jangan lupa daging kurbannya dibagi ya. Supaya semua bisa menikmati kebahagian di hari raya ini πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s