Di Balik Ujian Hidup Kita

http://lalumaspanjhye.blogspot.com
http://lalumaspanjhye.blogspot.com

Hidup ini menjadi indah karena ada dinamika di dalamnya. Roda kehidupan terus berputar. Silih berganti di atas dan di bawah sehingga suatu waktu kita bisa sampai tujuan. Kadang kita harus bersedih agar mampu merasakan indahnya kebahagian. Kadang kita harus sakit agar dapat menghargai arti sebuah kesehatan. Semua itu silih berganti, kelapangan dan kesempitan, kesulitan dan kemudahan, dan berbagai macam rasa, kondisi, emosi yang harus dihadapi oleh manusia dalam hidupnya.

Tak mudah memang ketika kita harus menerima cobaan dan ujian, menghadapi hal-hal yang tak kita inginkan. Namun itu bukan berarti tak mungkin. Bukankah Tuhan tak akan membebani manusia dengan beban yang tak bisa mereka pikul? Atau di lain waktu dikatakan setelah kesulitan ada kemudahan. Atau Tuhan bersama dengan orang-orang yang bersabar. Artinya tak ada ujian yang tak bisa dilewati. Semua tergantung kepada manusia. Sejauh mana usahanya untuk melewati ujian-ujian yang datang menghampirinya.

Dalam kenyataannya kita bisa melihat berbagai macam reaksi manusia atas ujian yang ada. Ada yang keep move on dengan prasangka yang baik. Ada yang prasangka baik namun berada dalam keadaan pasrah, ada yang move on namun diikuti dengan berbagai caci cela dan prasangka buruk. Celakanya ada juga yang merasa hidupnya tak perlu lagi untuk dilanjutkan. Mereka berputus asa terhadap masa depan dan harapan yang masih terbentang di masa depan. Masa yang masih gelap bagi kita semua.

Reaksi-reaksi yang kita munculkan ini tentu saja mencerminkan kualitas pribadi kita. Respon kita menunjukkan siapa diri kita. Tuhan telah menentukan standar kelulusan kita. Apakah kita mampu memenuhi standar-standar yang tak pernah kita ketahui itu? Maka sebagai manusia kita hanya perlu bekerja keras, berdoa penuh harap kepada Tuhan dengan segala prasangka baik padaNya. Bukankah segala hal dari Tuhan adalah sesuatu yang baik karena dialah yang Paling Sempurna Belas Kasih dan RahmatNya. Tuhan hanya ingin melihat seberapa besar usaha kita untuk melalui segala rintangan kehidupan yang membentang sepanjang jalan hidup kita.

Namun di balik itu semua Tuhan Yang Maha Kuasa ingin menunjukkan Kekuatan dan Kebesarannya kepada makhlukNya agar mereka senantiasa bersyukur dan berserah diri padaNya. Dia ingin kita selalu merasa dekat padaNya karena Dia begitu menyayangi kita sebagai makhlukNya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s