Training ICT Guru SD bersama Dompet Duafa Sulsel

Training ICT DDBeberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 31 Januari 2015 dan 1 Februari 2015 saya mendapat undangan untuk berbagi dengan guru-guru SD/MI se-kota Makassar. Tidak semua sih, tapi ada sekitar 70-80 orang yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Sebuah acara pengembangan diri yang diorganisir oleh Dompet Duafa SulSel dan disponsori oleh berniaga.com dan Intel Corp. Dompet Duafa sendiri adalah sebuah lembaga zakat dengan salah satu konsennya ke dunia pendidikan.

Acara yang bertajuk “Training ICT bersama Intel-Berniaga, Guru Hebat Melek Teknologi” bertujuan membuka wawasan para guru untuk memaksimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing. Sekarang kan zaman teknologi, jadi proses pendidikan juga mesti mengikuti perkembangan zaman. Selain lebih efisien juga bisa menjadi saran pendidikan yang menyenangkan bagi siswa. Apalagi siswa sekarang merupakan generasi gadget. Anak usia 2 tahun saja sudah bisa pake smartphone, bahkan sudah ada yang bisa mengoperasikan laptop. Di lain sisi, para guru sebagai tenaga pendidik malah tertinggal dengan perkembangan zaman. Maka lahirnya acara ini sebagai bentuk usaha mengurangi kesenjangan yang ada.

Pada acara ini saya mendapatkan kesempatan berbagi kepada para guru tentang Komunikasi dan Kolaborasi. Tema ini kemudian difokuskan pada maksimalisasi penggunaan search engine, email, dan perangkat kolaborasi. Harapannya materi ini bisa membantu para guru dalam melaksanakan aktifitasnya. Terutama memenuhi tuntutan sistem pendidikan saat ini. Guru bisa mencari referensi yang sesuai di internet, mencari bahan ajar, ataupun sesuatu yang membuat kegiatan pendidikan lebih menarik dan berkualitas. Selain itu, diharapkan para guru bisa menggunakan teknologi untuk membangun komunikasi yang efektif baik sesama guru ataupun pihak lain tanpa perlu khawatir lagi terkait permasalahan jarak. Terakhir, dengan perangkat kolaborasi diharapkan para guru mampu berkomunikasi, berkolaborasi dalam bekerja sehingga ide-ide yang ada bisa ditularkan ke yang lain dan diharapkan bisa menjadi gerakan bersama dalam membangun pendidikan yang berkualitas.

Selain materi di atas, para guru juga diperkenalkan dengan blog sebagai sarana menuangkan ide-ide kreatif mereka. Para guru juga bisa menjadikannya sebagai penyaluran bakat dan menumbuhkan kebiasaan menulis. Pengenalan situs-situs yang bermanfaat dan berhubungan dengan pendidikan berbasis teknologi juga diperkenalkan misalnya quipper, edublogs, guraru dan sebagainya.

Merupakan suatu kesyukuran sendiri bisa berbagi dengan para guru. Melihat semangat dan antusias mereka memberi sedikit harapan untuk pendidikan anak Indonesia yang lebih baik. Masa depan bangsa ditentukan oleh generasi mudanya. Sedangkan generasi muda sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan mereka yang tentu saja berhubungan dengan kualitas tenaga pendidik. “Guru berkarakter menggenggam Indonesia”, begitulah sebuah slogan yang pernah saya dengar. Semoga apa yang telah dibagikan bisa betul-betul bermanfaat. 🙂 Gallery Foto klik di sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s