Ujian? Siapa Takut (Tips Menghadapi Ujian)

Bagi mahasiswa ujian kadang menjadi sebuah momok yang menakutkan di setiap tengah ataupun akhir semester. Materi kuliah yang sekian banyak terasa tak mungkin bisa dikuasai hanya dalam hitungan hari apalagi dengan sistem SKS yang harus dikebut dalam semalam. Namun anehnya mahasiswa masih setia dengan sistem tersebut. Bisa jadi mereka telah membaca buku The Power of Kepepet ūüėÄ

Banyak yang bilang biar ujian mudah belajar jangan hanya menjelang ujian. Pernyataan ini betul. Ada yang bilang biar ujian mudah rajin masuk kelas. Pernyataan ini juga betul. Namun terkadang dua hal ini tak cukup memberikan amunisi di medan perang 5×6 meter persegi itu (baca ruang ujian). Nah, jika kalian beranggapan ujian adalah perang maka percayalah setiap perang membutuhkan strategi. Jadi, ujian itu butuh strategi Sob. Kali ini ini saya ingin berbagi strategi yang mungkin tidak akan berhasil pada semua orang namun bisa berhasil pada orang tertentu.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi ujian di antaranya :

  1. Perhatikan dosen saat menjelaskan di kelas. Mau tidak mau ini adalah salah satu kunci dalam memahami materi yang diajarakan dosen tercinta. Dengan memperhatikan maka materi akan terekam lebih dalam pada ingatan. Tangkap hal-hal unik yang ketika kamu ingat hal tersebut maka akan terbentuk suatu relasi dengan materi yang dijelaskan. Bisa jadi gambar, kata tertentu, atau bahkan gestur dan mimik dosen. Buatlah catatan kecil yang membantumu mengingat penjelasan dosen dengan lebih menyeluruh.
  2. Bangun kemampuan untuk menebak soal yang akan dimunculkan dosen. Menurut saya ini hal yang penting untuk memfokuskan pendalaman kamu pada materi. Misalnya nih kamu tahu kira-kira soal seperti apa yang akan muncul maka kamu bisa lebih siap dengan mempelajari bagian itu lebih dalam. Ini seperti¬†kamu tahu akan hujan, maka kamu menyiapkan payung. Pertanyaannya bagaimana trik mengetahui jenis soal yang akan muncul? Jawabannya adalah tidak ada rumus yang pasti. Semua ini lebih kepada insting atau kalo bisa ¬†dikatakan sebagai sebuah ¬†“seni”. Jika kamu melakukan langkah pertama tadi, kemungkinan langkah kedua ini berhasil lebih besar. Ketika dosen menjelaskan maka akan ada sebuah penekanan-penekanan tertentu pada materi tertentu yang dia anggap penting untuk kamu ketahui. Dan biasanya untuk menguji apakah materi yang dia ingin sampaikan melalui kuliah itu tercapai maka materi ini akan muncul dalam ujian kalian. Nah, you know what I mean. Menangkap hal seperti ini bukan hal yang mudah. Butuh latihan, pengalaman, dan naluri dan pengetahuan. Pengetahuan tentang apa? Pengetahuan tentang apa yang penting dari materi yang disampaikan dosen kamu.
  3. Tulis ulang materi dengan bahasa kalian. Salah satu indikator bahwa kamu memahami sesuatu adalah kamu mampu membahasakannya kembali dengan kata-katamu tanpa mengurangi makna. Jadi kalo ingin mengukur tingkat pemahaman kamu ada dua kemampuan aktif yang kamu harus kuasai, menulis dan berbicara. Berbicara ini ada hubungannya dengan tips nomor 4.
  4. Perbanyak diskusi dengan teman. Berdiskusi akan meningkatkan level pemahaman kamu terhadap materi. Dengan berdiskusi kamu bisa mengkonfirmasi berbagai pertanyaan yang ada dipikiranmu. Selain itu, jika kamu mampu membuat temanmu memahami materi dari cara kamu menjelaskannya secara oral, itu artinya kamu sudah memiliki pemahaman yang mumpuni terhadap materi itu. Jadi dengan diskusi kamu bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaanmu sekaligus melatih dan melihat sejauh mana kamu memahami materi.
  5. Jangan malu bertanya.¬†Jika kamu tidak mengerti sesuatu jangan malu untuk bertanya. Bertanya tidak akan merugikan kamu sedikitpun, apalagi hanya takut dikatakan “bodoh”. Dengan bertanya kamu membuka tabir-tabir yang menghalangi kamu dari esensi materi yang ada.
  6. Berdoa.¬†¬†“Doa adalah senjata orang beriman” begitu kata orang bijak. Semua usaha yang kita lakukan harus ditutup dengan doa. Bentuk kepasrahan kepada Yang Maha Tahu, Sumber Segala Ilmu. Berdoalah agar diberi kemudahan dalam memahami ilmu. Berdoalah agar dihindarkan dari lupa. Bencana ilmu adalah lupa kata pepatah arab. Dan berdoalah agar ilmu yang kalian dapatkan menjadi ilmu yang berkah.

So, teman-teman mungkin ini beberapa tips dari saya. Kalo kamu mencari tips yang sim sala bim semua jadi mudah maka kamu telah salah alamat. Kejayaan hanya diperoleh dengan perjuangan dan tiada perjuangan tanpa pengorbanan. hehehe.. Jika ada tips lain dari teman-teman silahkan ditambahkan di kolom komentar. Selamat menempuh ujian \^_^/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s